empat kosong tujuh

16 01 2009

agustus 1994,

setelah melalui pergulatan bathin yang cukup alot akhirnya dia memutuskan untuk mendaftar. yah..tekad sudah bulat, apapun yang terjadi dia tetap akan mendaftar. dia pun akhirnya melangkahkan kakinya ke arah barat dari kampusnya. menuju kompleks unit aktivitas mahasiswa. sempat keraguan dihatinya muncul kembali, daftar…tidak…daftar..tidak…?? masih terngiang-ngiang di telinganya, pesan dr ibunya tercinta pada saat dia hendak kembali ke kota dimana dia menuntut ilmu. sebuah universitas negeri yang berada di selatan jawa timur. kota yang terkenal dengan kesejukan udaranya dan buah apelnya…

ya, ibunya berpesan, “baik-baik kau sekolah disana amang (anakku)…ingat, kita ini orang susah, uang untuk sekolahmu saja kita usahakan sebisa mungkin, kita bukan orang yang berlebihan uang…jadi janganlah kau ikut-ikutan kegiatan yang tidak penting…”

pesan itu seolah diucapkan lagi oleh ibunya tercinta, seolah beliau hadir pada saat itu.

tapi tekadnya sudah bulat…

“silahkan masuk, dek…ada perlu apa yah…?” ujar seorang panitia yang kebetulan ada di meja pendaftaran..

“saya mau daftar, mbak..” balasnya.

“oh, kalo gitu silahkan isi formulir ini yah…” lanjut di mbak panitia.

selesai mengisi dan menyerahkan uang pendaftaran, dia pun diberi briefing sedikit tentang proses selanjutnya. ada proses wawancara yang harus dia ikuti di tahap selanjutnya. “wah…ruwet juga yah..” pikirnya, “mau ikut diklat aja pake proses wawancara segala…”, tapi berhubung niatnya sudah bulat dia pun ikuti semua proses yang ada.

singkat cerita, dia pun mengikuti semua proses diklat, 3 hari di ruangan, 5 hari di lapangan…semua jerih payahnya ditebus dengan kebanggan menjadi seorang Anggota Muda dari organisasi ini, seiring dengan di kalungkannya slayer berwarna oranye di lehernya. ya…oranye berarti SURVIVE…dia sanggup bertahan…!

tapi perjuangan belum berakhir, perjalanan masih panjang. tekadnya tidak cuman untuk mendapat slayer berwarna oranye ini. dia pun ingin seperti senior-seniornya yang lain, yang bisa mengenakan Jaket, Kaos dan Topi yang merupakan atribut dan juga berwarnya Oranye…

setahun lebih sudah berlalu, perjuangannya hampir membuahkan hasil…

hampir semua kegiatan di organisasi kepencintaalaman kampus ini dia ikuti. mulai hanya menjadi anggota seksi di kepanitiaan sampai menjadi koordinator sebuah kegiatan. tapi semua itu nyaris tidak berarti, ketika ketidaksepakatannya dengan perilaku  beberapa orang senior mulai membuat dia tidak betah berlama-lama di “rumah” keduanya ini. ya, tingkah beberapa senior yang muai menyebalkan dirinya membuat dia semakin jarang datang untuk sekedar singgah di sekretariat. bahkan sampai pada saat proses untuk “naik pangkat” menjadi Anggota Biasa dia memutuskan untuk Tidak Bersedia. yah, dia menentang segala bentuk penindasan yang dilakukan oknum senior terhadap juniornya, dia tidak setuju dengan perilaku senior yang hanya bisa menyuruh-nyuruh tanpa bisa memberikan feed back apapun kepada juniornya…yah, memang oknum seperti ini sepertinya ada bukan hanya di organisasi ini, mungkin di tempat lainpun…orang2 oportunis yang hanya memanfaatkan kesempatan…

dia memang tidak bisa disalahkan dengan idealisme nya, dia banyak melihat senior2nya yang lain yang merupakan gambaran ideal seorang senior di matanya…

tapi rupanya keadaan berubah, setelah melalui proses diskusi yang cukup panjang dengan beberapa orang yang dia anggap mempunyai sosok ideal seorang senior, pemikirannya menjadi lebih terbuka. ditambah ke guyuban dia bersama teman-teman satu diklatnya membuat dia merubah keputusannya. rasa egoisnya mulai rontok…akhirnya diapun bersedia untuk “naik pangkat” menjadi Anggota Biasa. itu artinya tanggung jawab yang lebih berat sudah ada di depan mata. roda organisasi harus tetap berjalan. giliran dia dan teman-temannya yang akan menjadi motor penggerak organisasi ini . solidaritas nya terhadap teman-temannya yang sudah “naik pangkat” terlebih dahulu  meruntuhkan ke egoisannya. dia harus bisa menjadi bagian dari organisasi ini atau tidak sama sekali…”jangan perdulikan oknum2 yang tidak bertanggung jawab  di organisasi, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini…” “dahulukan kepentingan organisasi…” kata-kata itu terus menyemangati dia…

februari 1996,

dalam satu acara Pertemuan Anggota, dia pun resmi menjadi seorang Anggota Biasa. seiring dengan terbitnya matahari pagi di timur, setelah melalui prosesi pengangkatan dan penggebyuran yang dilakukan oleh ketua umum  dia pun resmi menyandang nomor anggota di organisasi ini. NIM 96407/IMP. angka 96 adalah berarti tahun dia diangkat yaitu tahun 1996, dan 407 adalah nomor urut Anggota Biasa, artinya dia adalah orang ke 407 di organisasi ini yang mempunyai nomor.

yah,…sampai dengan saat ini angka 407 seolah tidak bisa lepas dari dirinya. dalam hal apapun dia selalu menyematkan angka 407 ini. rasanya dia sangat bangga sekali dengan nomor ini. nomor yang telah merubah paradigma berfikirnya di organisasi yang telah banyak memberikan pembelajaran dan warna untuk pribadinya. nomor yang menurutnya telah berperan mendewasakan pemikirannya dalam berorganisasi dan dalam pekerjaannya sampai saat ini..!!

organisasi itu adalah Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Brawijaya, atau lebih dikenal dengan singkatan IMPALA UNIBRAW

lihat saja,…

untuk alamat email dia membuat : sihotang407@hotmail.com

untuk Yahoo Messanger dia membuat ID : sihotang407

bahkan untuk blog ini juga dia membuat alamat url : https://sihotang407.wordpress.com

salam

//teke407

terima kasih buat semua teman-temanku eks diklatsar 17 impala unibraw, terima kasih buat seniorku yang sudah membuka “sempitnya” pemikiranku, terima kasih buat mama tercinta yang akhirnya bisa mengijinkan saya untuk ikut aktif dalam organisasi ini…


Aksi

Information

53 responses

16 01 2009
starbozz

thanx mate for adding me to your blog roll.. take care.. do keep in touch.. cheers!!!

bonar : you’re welcome pals…keep blogging and keep in touch..cheers.!!

16 01 2009
mikekono

wahhhh…..empat kosong tujuh
jadi mascot dan angka keramat
bagi Lae ya…..
kalau saya tak terlalu fanatik dengan angka
kalau sama Liverpool dan Argentina
baru saya agak fanatik
hmmm….ngga nyambung ya
horas Laekku 🙂

bonar : hehehe..bukan angka keramat sih, cuman bersejarah buat saya..:) untuk sepak bola kita punya kesamaan juga lae…LIVERPOOL, you’ll never walk alone….horas..

16 01 2009
bonk 181

ooooh jadi ternyata…….. salm kenal mas. tukeran link donk.

bonar : hehehe..ternyata yaa…, sudah masuk di blog roll ku mas…

16 01 2009
juliach

Aku pikir kau pernah punya Peugeot 407. Wakakakak…

bonar : amiiinnn..masih jadi impian tuh mbak..:)

16 01 2009
Nelson Saragih

Mirip james bon ya lae……
Salam kenal

bonar : hehehe…iya, cuman beda di angka 4 nya doang lae..salam kenal juga..tks atas kunjungannya..:)

16 01 2009
dudi

dan kemudian gw jadi junior elu. beda satu angka dibawah elu, tapi efeknya luar biasa, sebab elu bisa nyuruh gw bikin kopi *tendang tekek*

bonar : yo’i bro…kita cuman beda satu angka yah, tapi different effect..:)) dan yang pasti different responsibility juga..hahhahaa..:))

17 01 2009
geRrilyawan

ooo gitu toh ceritanya 407….😀
nggak ada niat masang togel kan? jangan deh nanti nggak berkah lagi mas hehehe…

bonar : pernah juga sih punya pikiran mo dipasang di togel, tapi keburu di tutup togelnya..hahahha..tks mas..

17 01 2009
lintong nababan

Kalau aku boleh jadikan angka ini jadi siraman rohani buat lae

407 aku angkat jadi Mazmur 4: 07 ” Banyak orang yang berkata: “Siapa yang akan memperlihatkan yang baik kepada kita? biarlah cahaya wajah-MU yang menyinari kami ya Tuhan!”

Jadilah cahaya yang memberikan terang bagi dunia.

bonar : wah…thanks berat atas pencerahannya lae…:) Gbu

17 01 2009
iwan setyawan

Bravo!!!

bonar : IMPALA…!!!

17 01 2009
Antoni Pasaribu

akhirnya ketahuan juga sejarah 407 itu😀

bonar : hehehe..the secret was revealed…:)

17 01 2009
achoey

407 memang angka jagoannya ya

kalau aku berapa ya😀

bonar : iya yah..nomor berapa maunya bang..??…:)

17 01 2009
andi felani

407 yg di kramatkan wkwkwkwk

bonar : iya yah….mungkin bisa dijadiin jimat kali yah..hahahaha…..[nggak ding..!]

17 01 2009
goenoeng

empat kosong tujuh…..empat kosong tujuh….apa bisa diroger gitu…ganti…

jadi ingat radionya pak polisi, lae.😀

bonar : korek…!! lapan-anam…solo-bandung….:)

17 01 2009
cutemom cantik

ohh..jadi gitu toh…knapa pake 407…???? alasannya dapat diterima bang!

bonar : yup….siap mbak…:)

17 01 2009
nita

ternyata nomor urut anggota itu begitu mengesankan ya. tadi kirain tgl dan bulan lahir. 407 mengingatkan saya juga dg jeans Levi’s 407 Red Tab…hehehe

bonar : iya yah…tapi kalo saya suka levi’s yang 512..:)

17 01 2009
nita

eh, di samping kanan saya liat ada blogroll ‘the bataks’…hihi. lucu juga. saya, nainggolan…:D

bonar : oh gitu tho…sama2 batak dong…:) saya masukkin di the batak’s yah to..:)

18 01 2009
astrid savitri

Weks, tdnya saya kira kamu menulis ttg TNI atau sejenisnya, sebab di Jogja 407 itu adalah daerah tentara. Tp btw; saya dulu pernah tingal di Makassar juga thn 84-91..tp wkt itu Makassar masih sepi dan banyak pohonnya, sekarang ia udh mirip Jkt deh:)

bonar : iya ,mbak, sekarang sudah mulai macet juga…:)tks kunjungannya yah..:)

18 01 2009
Gelandangan

oooo jadi itu nomor angkatan mapala yah…….
salam kenal yah

bonar : iya mas, saking bangganya sampe kebawa sampe sekarang..:)

18 01 2009
mercuryfalling

kalo temanku 401 angka keramatnya😀 tgl lahirnya soale

bonar : kalo sampeyan nomor berapa mas..:) tks atas kunjungannya yah..:)

18 01 2009
JelajahiDuniaEly

angka penuh memori nih🙂

met wiken ya

bonar : hehehehe…iya mbak, met wik-en juga yaa…:)

18 01 2009
boyin

Kirain udah ada blog Sihotang ampe 406 buah makanya abang ngambil yang 407..heee..bang mampir, ada award dariku..heee

bonar : hahahahaha…banyak banget kalo emang ada..:))

18 01 2009
boyin

ngomong2 407 itu angka idamanku bang sejak 2 tahun yang lalu…itu lho “Peugeot seri 407”..haaaaa…keren banget bow…!

bonar : wah..mantab juga tuh peugeot 407….pengen juga seeh..tapi kapan yah…tak masukkin di blogroll ku yo mas..:)

18 01 2009
edratna

Ini pengalaman saat mahasiswa ya…..

bonar : iya mbak, kenangan yg tak terlupakan..:)

18 01 2009
randualamsyah

Bonar, Pendekar kapak maut naga Geni 407….

bonar : hahahaha…jangan ah, ntar bastian tito ngamuk dan nuntut royalti sama saya..:))

18 01 2009
soulharmony

waduh cerita 90an

19 01 2009
teguh

salam kenal mas
cerita tentang sampean udah melegenda
aku juga bravo tenda meski tetep AM (many factor…)

6 09 2011
bonar

wakaka moso seeehhh….
gak sampe legenda lah..:)

19 01 2009
geRrilyawan

OOT mas bonar…
ada award dari saya silakan dicek…

19 01 2009
nich

ternyata itu artinya, kupikir appara itu Sihotang nomor 407 (kencang kali bah!)

19 01 2009
Indah Sitepu

mmmmmhhhh baru ngeh sekarang arti keramat 407 itu😀

19 01 2009
cahayadihati

Wah pengalaman yang mengesankan dan memberi banyak pelajaran ya Pak sampai terkenang sampai sekarng dan mungkin sampai nanti🙂
terima kasih bersedia berkunjung di cahayadihati pak🙂
salam kenal dan salam hangat,
Cahaya

– GBU and Your family –

19 01 2009
estonhasiant

Ini dia, sebenarnya sdh lama mau kutanya ini Lae, saya mengambil keputusan sendiri dgn berprinsip itu tgl kelahiran Lae..ternyata sangat jauh rupanya.

19 01 2009
yande

walah, sama-sama pernah jadi kera ngalam toh. Sekarang UNIBRAW keren yah, ada Mall disampingnya. Saya dulu di ABM (STIE Malangkucecwara), malas kenal ker.

19 01 2009
ndaru392

hahaha….mang loe anak sesat kek…bener jare dudi. beda cuma seangka tp beda fungsi dan tanggungjawab. sebagai junior dudi wajib mengikuti perintah teke..dud…lotobnya mana!!!dud…motor loe gk kepake khan!!!

19 01 2009
chic

oalaaaah.. saya pikir mau cerita apaan,, ternyata sejarahnya si empat kosong tujuh itu😆

19 01 2009
Nyante Aza Lae

303..perjudian lae…wwkwkwk

19 01 2009
Nyante Aza Lae

303…perjudian lae…wkwkwkwkw

19 01 2009
Nyante Aza Lae

upppss…303 perjudian lae..

19 01 2009
Popi

wiih segitu cintanya sama organisasinya hehehe. Eh aku juga dulu gitu deng pas kuliah. Bedanya kalo abang mah pecinta alam, aku pecinta musik hehehehehe. Kemana-mana jalan, berasa banggaa banget jadi anggota paduan suara. Salam kenal bang! terimakasih sudah mampir ke blogku🙂

20 01 2009
bocahbancar

Wah wah wah..

Kisah yang menarik Maz..

Dari Makasar ke UNBRAW yaw..

Kalo saya malah dari JATIM ke JABAR..

Padahal diJATIM kampus bagus itu juga banyak(tapi malah terdampar di sini, tapi ga papa kok tetep semangat he he he)

Salam perjuangan Maz..Semangazt..

20 01 2009
Mr Bin

Untuk yaa udah habis SDSB… sempat masih jalan pastu gue beli 407
hhaaaa..
Salam kenal ma lae da…

20 01 2009
ndaru392

kek…ana anggota muda tuh….sikaaat….njaluk digaekno kopi ae…
*lirikteguhditanggal190109*

20 01 2009
okta sihotang

bah, pantesan 407 selalu identik denganmu pra..
btw, emailmu yg di sirajaoloan ga pernah dipake yaks ??

20 01 2009
togarsilaban

Bah ido hape lapatanna. Gabe taringot tingki mahasiswa iba najolo, ikut kegiatan mahasiswa, sampai lupa waktu. Padahal pesan ibu supaya cepat-cepat selesai kuliah….

21 01 2009
jeperis

Pertama waktu ketemu blog lae tanda tanya juga bagi saya..kok 407? apa karena yang buat blog dgn nama sihotang udah ada sampai 406 maka lae buat sihotang407 kayak komentar boyin di atas? he..he..he..Ternyata bukan.. ya…trim’s lae…sukses selalu.

21 01 2009
Adie

Horas Bung Bonar. Salam kenal juga. Thx sdh mampir d freelander09
Nasib kita hampir sama (punya No Urut). Untungx batal jd anggota dan akhirx memilih mencintai alam dgn bebas.

Salam

22 01 2009
cantigi™

halo bang, maaf ya baru komen, semoga selalu sehat.. ^_^

22 01 2009
cenya95

daku 703,
masuk jam 7 kerja 0 (ngeblog ajah) pulang jam 3.:mrgreen:

23 01 2009
Harry Simbolon

Cerita seru lae, sangat menginspirasi, bukan karena angka keramatnya, tapi karena sepenggal pengalaman itu. Cerita yg tidak jauh berbeda dengan saya lae.

Btw meskipun sudah bekerja, saya masih sering terlibat dengan kegiatan alam lae. Minggu depan kita mau ekspedisi ke Gunung Gede – Pangarango lewat jalur Sukabumi. mau ikut?

23 01 2009
Harry Simbolon

Cerita seru lae, sangat menginspirasi, bukan karena angka keramatnya, tapi karena sepenggal pengalaman itu. Cerita yg tidak jauh berbeda dengan saya lae.

Btw meskipun sudah bekerja saya masih sering terlibat dengan kegiatan alam lae. Minggu depan kita mau ekspedisi ke Gunung Gede – Pangarango lewat jalur Sukabumi. mau ikut?

23 01 2009
dudi

itu si topeng kurang ajar banget mekik bravo disini.. kekekekeke

23 01 2009
dudi

daru: kalo butuh botol dateng aja ke perunggu. kita angkat gelas lagi seperti dulu.

teguh: iya kalo mas bonar ini melegenda sebagai SGK (Senior Garis Kerassssssss)

5 04 2010
uconk

mantap pak bonar…. bravo!!
jadi itu sejarahnya sekarang buka warung kopi ya? hehhe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: