pulang kampung

23 12 2008

selesai membantu temannya membuat tugas maket dia segera meluncur pulang ke tempat kosnya. sore itu dia berencana pulang kampung. ya, satu kebiasaan di penghujung tahun, untuk memperingati natal bersama orang tua dan saudara-saudaranya…apalagi di  natal kali ini sudah hadir di tengah keluarga besarnya, bayi mungil buah pernikahan kakaknya…rasanya tidak sabar dia untuk bertemu dengan keponakannya…

tapi ada satu hal yang mengganggu dia saat itu. pilek yang dideritanya selama beberapa hari ini tidak kunjung sembuh. temannya yang dibantu tadi menyarankan supaya dia makan obat saja pas perjalanan, supaya bisa tidur. tidak salah juga pikirnya.

sengaja dia tidak membeli tiket kereta api atau bus malam untuk perjalanan pulangnya. dia berniat membuat perjalanan semacam avonturir untuk perjalanan pulang kampungnya. barangkali dia terinspirasi oleh sepak terjang Si Roy, nama satu tokoh di sebuah novel karya Gola Gong yang akhir-akhir ini sering dia baca.

tas ransel carrier bermerek alpina yang dia beli bekas dari temannya sudah diisi penuh oleh pakaiannya. sebuah tas kecil untuk  menyimpan dompet sudah disiapkan.

jam 7 malam dia memulai perjalanannya. lamanya perjalanan sudah dia perhitungkan supaya bisa tiba pagi hari di kota jogjakarta. supaya dia bisa melanjutkan perjalanan naik kereta ekonomi jurusan bandung. ya…trayek angkutan dari kota-ke kota sepertinya sudah dia hapal betul.

perjalanan dimulai dari terminal landung sari – malang, dia naik sebuah bus 3/4 tujuan jombang. tiba di jombang dia langsung naik bus besar menuju jogja. efek obat pilek yang dia minum mulai bekerja. di dalam bus yang dia naiki dia mulai digerogoti rasa kantuk yang luar biasa. ahirnya dia memutuskan untuk tidur di deretan kursi untuk 3 orang, duduk di paling pinggir dekat jendela, dan tas ranselnya pun dia letakan di antara dua kakinya. supaya aman pikirnya.

sepanjang perjalanan dia terlelap. sempat terbangun sebentar namun dilanjut lagi tidur karena masih ngantuk berat.

pukul 4 subuh dia dibangunkan oleh kondektur bus tersebut. rupanya tinggal dia sendiri penumpang yang belum turun. sementara bus sudah sekitar setengah jam yang lalu parkir di terminal umbulharjo – jogjakarta.

dia pun menggeliat sebentar, mencoba untuk bangun. lalu dia merasakan keanehan. rasa kantuk yang masih menggantuk tiba-tiba lenyap. berganti kekagetan. tas ransel yang dia letakkan di sela-sela kakinya sudah tidak ada lagi di tempatnya semula. dia pun segera menengok ke kolong-kolong bangku di dalam bus tersebut. tapi tasnya sudah tidak ada. lalu kemana larinya tas tersebut..?? dia pun segera turun dari bus dan bertanya kepada awak bus yang tadi membangunkan dia. rupanya si mas kondektur pun tidak tahu ada dimana tasnya berada. informasi yang diberikan oleh si kondektur adalah penumpang terakhir yang duduk disebelahnya adalah seorang perempuan yang sudah agak berumur. ya…itu yang dia ingat tadi waktu dia terbangun sebentar, dia seperti melihat seorang perempuan setengah baya di sebelahnya, tapi karena tidak ada kecurigaan apapun dia pun melanjutkan tidurnya lagi. lagi pula saat itu tas nya  masih berada di sela-sela kakinya.

rupanya dia telah menjadi korban sindikat pencoleng tas yang sering beraksi diatas bus di perjalanan antara solo dan jogja. lalu dia pun lapor ke pos polisi yang berada tidak jauh dari terminal. yah sekedar untuk formalitas sekaligus menumpahkan kekesalannya kepada pak polisi yang ada disitu yang menerima laporannya sambil manggut-manggut.

tapi dibalik musibah yang dia terima dia masih bersyukur pada Tuhan, karena dompet yang berisi uang dan dokumen2 lainnya masih aman tersimpan di dalam tas kecil yang memang sengaja dia buat untuk menyimpan dompet, padahal sebelum dia tidur di dalam bus tadi sempat terpikir untuk memasukkan dompetnya ke bagian atas ranselnya yang bisa digunakan untuk menyimpan dompet dan benda-benda kecil yang lain….ah..syukurlah…

jam 5 pagi, setelah nyuruput segelas kopi di terminal dia pun bergegas pergi, tujuannya adalah stasiun tugu – jogjakarta. jam 7 pagi kereta ekonomi tujuan bandung akan berangkat. dengan berjalan kaki sambil menghisap sebatang rokok diapun mulai menyusuri pagi di jogjakarta. tiba di stasiun dia mencari wartel untuk menelepon ke rumahnya di bandung, untuk melaporkan musibah yang sedang dia alami.

tepat jam 7 pagi kereta api bergerak perlahan, meninggalkan stasiun tugu, menuju kota bandung. laki-laki muda itu ada diatas kereta…

dia pun pulang kampung…

sebuah karma telah terbayar…

malang – jombang – solo – jogja – bandung, di penghujung tahun ’95

//teke407


Aksi

Information

31 responses

23 12 2008
nanzzzcy

wahhh.. seru bener tuh perjalanannya
walaupun ada acara kecolongan tas segala hehehe..

memory waktu jaman kuliah dulu yaa..😀

bonar : hehehe..iyah mbak…jaman kegelapan…:)

24 12 2008
Hejis

Apa itu karma waktu dulu punya uang rusak untuk bayar angkutan, sam? He..he.. Salam hangat.😀

bonar : sepertinya iya mas…hehehehe…

24 12 2008
Miss hennie

Asiknya yang pulang kampung😀.
Sayangnya “I won’t be home for Christmas” …

Salam ama keluarga ya to ..
Selamat Natal dan Tahun Baru … Semoga Tuhan tetap beserta kita🙂

24 12 2008
dessy

sepakat…..baju se-carrier itu sudah menggantikan uang 5rb nya bpk sopir bemo…hehehhe:P

24 12 2008
cutemom cantik

SELAMAT NATAL N TAHUN BARU Y BANG..

24 12 2008
cantigi™

loh.. bdg_nya dimana? sy juga di bdg..:mrgreen:

24 12 2008
pardosa

hiks….. jadi sedih…😦

dang boi au mulak tu huta taon on lae marnatal songon na ni caritahon ni lae… hiks..

Merry Christmas Lae… GBU

……………_/\_………..♫ ting ♫ dong ting ♫ lalala ♫
…….…… / | \ ………..*♥♫ Warmest wishes * *♫♫
……… …*•♥•*………………. for a ♫**
………. *♥♫♫♥*’………..♫ Merry Christmas ♫♠
…….. ♥•♦♫••♥* …••••••••••♣♥.. and a…♥
….. ♥☺♥☺♥☺♥☺….* *.. ♫♥ Happy New Year♫♠
……♥•♥#♠♥#♥•��♠♥
….♥♫♥♥♫♥♥♫♥♫ ‘
…*♥♥☺♥♫♥♫♥☺♥♥*’
..*♥♥♣♫♥♣♥♥♣♥♫♣♥♥*’
‘*♥♥♣♥♫♥♥♫♥♥♫ ♥♣♥♥*’
…………╬╬╬╬╬

24 12 2008
han han

wah pokoknya intinya kita pergi kemana pun tetap harus waspada……hehehe

Selamat natal dan tahun baru 2009 ya bang…….😀

24 12 2008
aRuL

oo kampungnya di bandung toh.. kirain ke medan..
semoga liburannya menyenangkan

24 12 2008
jephman

Selamat Natal 2008
&
Tahun Baru 2009 !

Tuhan Yesus Memberkati!

24 12 2008
Farrel

Duch jadi pengen pulang kampung juga…

24 12 2008
Nyante Aza Lae

saunnari tu dia hamu lae??

24 12 2008
Singal

bermacam-macam arti kehilangan, antara lain:
1. Karena teledor, pencuri dimana-mana ada.
2. memang perlu buat orang lain (bukan milik kita)
3. Nasib.
hehehe..
Cuma kalau kehilangan kita tidak boleh larut, karena harta bisa dicari. Berkati mereka yang mencuri, kita akan mendapat berlipat ganda that’s mystery.

24 12 2008
satya sembiring

SALAM KASIH NATAL
HEHEH
KEBETULAN BARU PULANG DARI GEREJA
TEMA KALI INI SAMA DI SEMUA GEREJA
” HENDAKLAH BERBUT BAIK KEPADA SEMUA ORANG”

24 12 2008
donapiscesika

SELAMAT NATAL YA MAS…SERU BANGET TUH PERJALANANNYA…

25 12 2008
harry

selamat natal dan tahun baru yah ….dan juga salam kenal dari ciamis

25 12 2008
INDAH REPHI

Selamat Natal dan Tahun Baru 2009 ^__^v

25 12 2008
bluethunderheart

bang………….
meski blue tak merayakannya blue ucapkan Met natal ya,bang
salam hangat selalu

25 12 2008
sarahtidaksendiri

setiap kejadian mmg selalu ada hikmahnya ya Bang….🙂

bonar : iya mbak…tks udah mampir…

27 12 2008
bluethunderheart

selamat akhir pekan ya,bang
salam hangat selalu

28 12 2008
limpo50

Met’ Natal dan Tahun Baru, Mas Bonar

28 12 2008
goenoeng

balada si…apa… ?😀
selamat libur panjang, lae.

29 12 2008
airlangga89

Asyik nech bisa pulang kampung… apalagi di tahun baru ini… hmm…
salam kenall…🙂

1 01 2009
Antoni Pasaribu

SELAMAT TAHUN BARU 2009
Semoga di tahun 2009 ini kita semua melangkah dengan semangat baru, visi baru dan pengharapan baru.

Salam Sukses

ANTONI PASARIBU
Solfegio Studio
http://solfegio.wordpress.com

1 01 2009
Tuyi

Selamat tahun baru 2009, smoga liburanya bermakna.

1 01 2009
fredricbernard

selamat tahun baru mas salam kenal nich mas juga orang kristen ya.. ya udah selamat Natal juga dach… Ya semoga di tahun baru ini kita berusaha menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya ya Tulisan awal tahun

2 01 2009
uconk

Selamat Natal dan Tahun Baru ya Bang Ranob… Moga panjang umur. ora mati-mati hihihiihi

3 01 2009
iwan setyawan

Kisah klasik yang abadi…..
Yang masih sering aku jadikan modal cerita sama siapapun, kalo ada tema tentang kehilangan di bus….hehehehe

3 01 2009
JelajahiDuniaEly

jadi inget pengalamanku pribadi, aku sama suamiku saat itu naik bus dr semarang menuju yogya, kami bawa tas besar berisi pakaian jam beker sepatu dll , besar tasnya dan kami taruh tepat dibawah tempat duduk, bis penuh, hanya sebentar kami terlelap, saat mau turun, kami melongok ke bawah dan tas sudah tidak ada, padahal penumpang berdesak2an, bagaimana mereka bisa mengambil tas besar dan berat di bawah tenpat duduk tanpa sepengetahuan kami ? pasti nggak hanya satu orang pencopetnya , waktu kami tanya sama kondekturnya yang tiba-tiba saat itu kupingnya berdarah dan mukanya merah padam, dianya malah menyalahkan kami karena ndak menjaga tasnya sendiri … ya sudah kami ikhlaskan, untung uang , paspor dan surat2 penting kami lilitkan di dalam tubuh, karena kecopetan ini bukan yang pertama bagi suami saya, pernah dia dirampok di siang hari bolong di jakarta pusat😦

bonar : wah..pengalaman yang sama rupanya yah mbak…;), saya juga baru tahu rawannya daerah antara solo – jogja setelah kehilangan itu tadi..ya sudahlah…buat teman2 yg lain supaya hati2 kalo kebetulan naik angkutan umum di jalur itu….

3 01 2009
Rita

Hehehe..ini gara2 uang sobek ma tukang ojek nih mas… Tuhan udah membalas kehilafannya terdahulu.. lebih baik hisab diterima di duniamas dari pada diakhirat kelak….:D

bonar : mungkin ini yang namanya karma yah mbak…:)

7 01 2009
dudi

avonturir. menyenangkan yah kek.. kalo aja ada kesempatan lagi spt itu😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: