menyelamatkan handphone basah

15 12 2008

ponsel-basahini musim hujan. perkara basah-basahan pasti jadi hal biasa. celakanya jika yang basah adalah ponsel. bagi mayoritas orang ponsel rusak sama saja rasanya dengan dunia mau kiamat. apalagi jika ponsel tersebut banyak berisi data-data yang dianggap sangat penting. misal data-data nomor kontak yang sudah dikumpulkan selama beberapa waktu lamanya. jika data-data nomor kontak ini hilang pasti akan butuh effort yang tidak kecil untuk kembali mengumpulkannya. intinya kejadian ini pasti akan membuat pemilik ponsel sangat kesal.

yang jelas bukan berarti ponsel yang terkena siraman air sudah pasti akan rusak begitu saja. kalau pemiliknya cepat tanggap dan cepat melakukan langkah penyelamatan, maka ponsel beserta data-datanya yang penting yang ada di dalamnya bisa diselamatkan.

berikut langkah-langkah penyelamatan yang bisa dilakukan jika ponsel terkena siraman air.

1. copot baretarai

jika ponsel terkena siraman air, biasanya sebagian air akan ada yang masuk ke dalam ponsel melalui celah-celah casing. jika hal seperti ini terjadi langkah penyelamatan yang harus dilakukan segera adalah memutus daya listrik yang mengalir di dalamnya. dalam hitungan detik sejak ponsel kena siraman air segera copot baterainya. dengan begitu sirkuit-sirkuit elektronik yang ada didalamnya tidak akan rusak lebih parah.

2. copot kartu SIM

jika kartu sim digunakan untuk menyimpan nomor-nomor kontak yang penting pula. maka langkah selanjutnya adalah segera mencopot kartu SIM dari slotnya di dalam ponsel. ini demi mencegah elemen pada kartu SIM mengalami kerusakan akibat terlalu lama terkena basah oleh air. sekaligus untuk berjaga-jaga pula agar kartu SIM masih bisa digunakan untuk seterusnya.

3. buka casing ponsel

beberapa ponsel keluaran terbaru menggunakan desain casing yang mudah dibuka. dengan membuka casing maka akan terlihat jelas seberapa banyak air membasahi bagian dalam ponsel. sekaligus langkah pengeringan dapat langsung dilakukan pada bagian-bagian yang mudah.

4. lakukan pengeringan

keringkan dengan menggunakan lap kering, tissue atau kalau ada dry pack. jangan mengeringkan dengan menggunakan dryer karena titik air bisa masuk jauh ke bagian terdalam ponsel.

5. lanjutkan pengeringan

mengingat ada bagian-bagian ponsel yang sulit dijangkau untuk usaha pengeringan, maka langkah pengeringan selanjutnya adalah dengan menempatkan ponsel pada wadah berisi beras. beras sangat efektif untuk menyerap sisa-sisa air yang terdapat pada bagian yang sulit dijangkau. dengan begitu ponsel akan kering secara sempurna.

6. hubungkan ke sumber daya

biarkan ponsel selama kurang lebih satu hari satu malam sebelum mulai dinyalakan lagi. gunakan baterai untuk menyalakan ponsel. jika ponsel tidak menyala copot lagi baterainya lalu hubungkan ponsel dengan charger agar mendapat tenaga listrik secara langsung dari sumbernya. jika ponsel menyala berarti baterainya harus diganti dengan yang baru. tapi jika tidak menyala juga bawa ponsel ke tempat servis agar mendapat kepastian apakah ponsel masih bisa dipakai atau tidak.

//teke407

sumber : harian KOMPAS


Aksi

Information

15 responses

15 12 2008
Iprit

wah gue sangat berterima kasih ni mas karena kamrin kebetulan HP sya kehujana dan sekarang belum saya apain karena kemarin sudah tidak nyala

bonar : sama-sama mas…semoga HP nya gak rusak yah…..:)

15 12 2008
estonhasiant

Mungkin kita perlu juga menyelipkan plastik pembungkus gula untuk ukuran 1/2 kg di dalam dompet kita, dilipat sekecil dan sebagus mungkin, jadi kapan turun hujan kita tinggal masukkan kedalam plastik itu, dilipat atau diikat masukkan lagi dalam kantong….aman deh! (Molo lao pe tu pesta adong inganan ni jagal… hahahaha)

hehehhe…bisa aja lae ini…utk komen yg di dalam tanda kurung..ciri kreatifitas yah lae…horas, masukkannya mantab juga lae..

16 12 2008
Indah Sitepu

handphone saya selalu dalam tas..

untunglah sampai sekarang belum pernah basah

^_^

semoga tidak pernah dan jangan pernah basah yah ‘to…

16 12 2008
anny

Thankyou info nya ya🙂

sama-sama mbak…tks udah kunjung balik ke warkop saya..:)

16 12 2008
mikekono

handphone basa memang sering
terjadi di musim penghujan ini
info yang bermanfaat
horas lae🙂

sekedar mengingatkan aja lae, supaya hati2…kalopun terjadi setidaknya kita sudah tahu cara penanganannya…horas..:)

16 12 2008
dindacute

waduw hapekuh parah nie ckr lagi nginep di ICU biar nyawanya bisa balik lagiw, yaw gara gara jatuh di air getuw

semoga cepat “sembuh” HPnya yah mbak..tks udah mampir di Warkop ku…;)

16 12 2008
Cak Win

Wah, HP saya dulu pernah terendem semaleman, karena banjir hehehehehhe
Udah tak bongkar trus tak keringin tapi tetep gak bisa. Huh nasip.

Satu lagi saya tambahin bagi daerah rawan banjir jangan letakan Hp di lantai, hehehehhehehe

Makasih infonya🙂

wah…sayang yah…tks utk tambahan tipsnya….:)

16 12 2008
cutemom cantik

aku dari judulnya sudah tau pasti niy dari kompas, coz aku langganan kompas bang..hehehehehe

tapi hp-ku ga pernah basah paling lecet2 aja coz dibanting ma anakku

iya mbak…saya kebetulan baca kompas online, dan lihat artikelnya, trus tak posting deh…

16 12 2008
phitoosh

kalau kena air laut gimana hihihihi

yang pasti basah juga mas…:) tks udh mampir yah, sering2 mampir lho di Warkop ku ini..hehehe..

16 12 2008
Nyante Aza Lae

nambain lae..klo masuk air laut/jatuh dipantai..sebaiknya jangan diangkat dulu..lebih baik kita ambil kantong plastik, trus kita masukkan hape n air laut td kedlm kantongan itu..bawa terus ke reparasi (jangan sempat kna oksigen)..okay

hahahahaha….saran yang mantab lae….:)kayaknya menjawab komennya mas phitoos tuh…:)

16 12 2008
Tips PDA

thx infonya mas

sama-sama mas, tks udah mampir…:)

16 12 2008
JelajahiDuniaEly

bagus nih infonya buat pemilik handy

hehehehe…iya mbak…semoga berguna…

16 12 2008
humorbendol

Tips yang berguna nih. Tapi mudah-2an hp-ku gak ‘basah’
hehehe

jangan sampe basah mas…bisa berabe…ruwet..hehehe

17 12 2008
okta sihotang

wah….nice tips pra..
*silahkan berkunjung ke website punguan kita di http://sirajaoloan.org

17 12 2008
sarahtidaksendiri

iya bnr banget bang. aQ jg klo hapeQ bsh pst lgnsng copt btrai, krt SIM dan mngringkannya..hehe, scr aQ blm mmpu bl hape dgn duit sndri..hehehe..
mksh sdh main2 k blogQ bang…slm knl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: