kartun nabi muhammad – sebuah kontroversi berbau SARA

22 11 2008

keasyikan blog walking sampe2 saya lupa untuk nulis lagi, ditambah lagi dengan kehebohan adanya posting berupa kartun yang menghujat saudara kita muslim yang dimuat di sebuah blog yang berjudul http://lapotuak.wordpress.com membuat saya semakin asik untuk melihat-lihat komentar yang ada di blog-blog yang mengulas kartun di situs yang menghebohkan itu…huh..!!!

sempat saya berfikir, apakah ini memang kerjaan orang yang iseng saja ataukah dia mempunyai maksud tertentu…???

yah…dengan memuat sebuah postingan yang bombastis tentunya akan meningkatkan jumlah hitlist di blog tersebut, efek sampingnya jumlah kunjungan meningkat dengan signifikan, otomatis dia bisa meraup keuntungan secara pribadi tanpa memperdulikan ada pihak lain yang merasa sakit hati.

secara ekonomi si pemilik blog diuntungkan, tapi disisi lain ini mengundang protes banyak pihak, terutama disini adalah saudara kita muslim. reaksi keras bermunculan sampai dengan di tutupnya blog itu oleh WordPress…syukurlah….

tapi bagaimana kalo ternyata si pemilik blog ini memang punya maksud lain, misalnya bermaksud mengadu domba..? apalagi judul blognya aja berkaitan dengan suku batak yang notabene mayoritas beragama kristen…nah ini yang bakalan ruwet….!!

tapi tunggu dulu…saya baca di http://unjil.wordpress.com/2008/11/20/stop-press-wordpress-akan-buka-kembali-blog-penghujat/ situs ini akan dibuka kembali, tentunya dengan bebagai pertimbangan dari wordpress.

ini kutipan dari tulisan di blog tadi :

Akhirnya, setelah dipikir lebih matang lagi, WordPress memberi anda 2 pilihan (hanya dua, karena memang cuma itu yang ada):

Pilihan pertama, WordPress akan menutup blog manapun yang anda minta untuk ditutup. Ini artinya siapapun bisa menutup blog anda hanya karena tidak sependapat dengan pemikiran anda.

Pilihan kedua, WordPress.com buka kembali blog-blog yang sudah ditutup atas laporan pelecehan agama dan tidak akan lagi menghiraukan laporan-laporan sejenis di masa yang akan datang.

saya jadi tambah mumet nih, kira-kira saya setuju yang mana yah? di satu pihak saya setuju dengan opsi pertama, tapi mengandung konsekwensi, seandainya ada pihak apakah itu seseorang atapun segolongan orang yang tidak suka dengan isi tulisan di blog ini, maka dengan suka-sukanya blog saya ini bisa ditutup…walahhh..

tapi di sisi lainnya saya sepakat denga opsi kedua, wordpress tidak akan menutup blog manapun yang menggunakan jasa hosting gratisannya dengan alasan apapun…artinya blog milik siapapun akan aman-aman saja, gak kuatir sewaktu-waktu bakal ditutup oleh wordpress…tapi ini juga bisa membuat orang dengan suka-sukanya bisa membuat tulisan2 atau posting berupa apapun yang bisa membuat orang lain atau sekelompok orang kebakaran jenggot…

walahhh..[lagi] jadi mumet nih…

kalo anda kira2 setuju dengan opsi yang mana..?


Aksi

Information

36 responses

22 11 2008
Nyante Aza Lae

klo mnrt dq ditup jg ada baiknya..krn akan menimbulkan efek jera…tp yg lebih penting adalah menanamkan sikap “toleransi” sesama manusia. cmana lae? koq dah lama niy g kliatan..mampir2 dunkk…eh lupa…PERTAMAAAA

22 11 2008
joyo

hmmm, cuma kartun…bagi saya orang tua saya adalah tetap orang tua saya, yg selalu menjaga saya, menghasihi saya, mencintai saya apa adanya dengan tulus dan ikhlas, gambaran orang lain tentang mereka tidak akan mengubah cinta saya pada orang tua saya.

salam

23 11 2008
JelajahiDuniaEly

jadi bingung juga😦

btw, aku pindah alamat dan judul blog nih …. dr elys welt ke dunia ely …. mampir ya, thanks 🙂

23 11 2008
namada

wah..opsinya sama2 bikin bruwet..

^tapi, saia setuju dgn komentar diatas, seburuk apapun orang lain menghina nabi saia, tidak akan pernah mengurangi kecintaan saia kepadanya dan kemuliaannya di mata Allah SWT🙂

23 11 2008
wirosableng08

komunitas blogger harusnya dibangun dengan sikap saling mengharagai… sebaiknya blog yang dapat memancing keributan memang harus ditutup ya..

23 11 2008
Ordinary Kid

@ Namada says:
wah..opsinya sama2 bikin bruwet..

^tapi, saia setuju dgn komentar diatas, seburuk apapun orang lain menghina nabi saia, tidak akan pernah mengurangi kecintaan saia kepadanya dan kemuliaannya di mata Allah SWT

Iya, saya setuju. Tetapi, kita juga tidak bisa menafikkan hati kita. Kalau orang yang kita cintai dihina dan dilecehkan, apakah kita akan diam saja?!
Bagaimana jika ambil contoh, orang tua kita -orang yang kita cintai- diperlakukan seperti itu -dilecehkan- di muka umum?! Apalagi orang sekaliber Rasulullah, manusia terbaik di muka bumi yang sangat kita cintai?!

Saya pikir terlalu bodoh jika motif dia hanya ekonomis. Si Tikus itu mencoba mengganggu singa yang telah tidur lelap atau si tikus itu mencoba menghasut srigala untuk mengganggu singa?!

Wallahu ‘alam

23 11 2008
humorbendol

Gara-gara tuh kartun, pro kontra akhirnya muncul. Yang penting, kita jangan sampai bisa di adu domba ya mas..mbak…🙂

24 11 2008
kesugihen1607

iya ya….
repot juga kalo udah gini.
yang penting, jangan mau diprovokasi oleh pihak pihak lain lah…
kita kan tau, perbedaan itu indah…
janganlah pula keindahan itu kita rusak, paling tidak jangan menambah rusak..
iya toh ??
peace lah…

http://kesugihen1607.wordpress.com

24 11 2008
lintong nababan

Entah apapun tujuan pemilik blog tsb, menurut aku harus di TUTUP

24 11 2008
kucingkeren

Serba salah ya.. padahal blog ini salah satu dari curahan otak penulisnya tanpa editor dsb… tp yaitu td kalau isinya sudah menyinggung sebuah kelompok itu yg bikin repot. saran saya sih… kalau nulis ya harus bertanggungjawab lah.. kalau punya pendapat yg kira2 bakal pas dg satu kelompok ya privated aja. Toh blog itu sebuah komunitas sosial.. jadi seperti kita hidup di alam nyata, kalau mau asyik ya harus tau sopan santun… begitulah…

24 11 2008
rocknoida

wah kang,

pilihannya mumet kang,

ntar-ntar klo ada yg ga suka ama blog ane bisa-bsa di blokir nih😦

maen kang ke saung ane……

24 11 2008
gasgus

Kalau saya ditanya, maka saya akan memilih opsi yang pertama. Kenapa? Karena saya yakin, sebagai host, WordPress pun tidak akan gegabah untuk begitu mudahnya mengabulkan setiap ada permintaan membreidel sebuah situs/blog. WordPress pasti punya paramater sendiri untuk membreidel atau tidak sebuah blog setelah mengkaji untung ruginya bagi WordPress.

Mungkin ada pengecualian kalau yang meminta itu pemerintah sebuah negara. WordPress tidak akan terlalu berpikir lama untuk langsung mengabulkan pembreidelan situs atau blog tertentu yang dianggap ‘membahayakan’ atau ‘meresahkan’ di sebuah negara. Dan itu sudah ada contohnya.

Justru barangkali akan berisiko bagi kelangsungan WordPress di negara yang bersangkutan kalau sampai menolak permintaan pemerintah yang punya negara untuk membreidel blog-blog yang ‘membahayakan’ atau ‘meresahkan’ tersebut. Bukan tidak mungkin WordPress bakal diblokir total di negara yang bersangkutan. Dan ini tentu bukan hanya akan merugikan pemilik blog, tapi juga WordPress.

Justru menurut saya, apa yang selama ini dianut WordPress dengan pemerintah Indonesia misalnya lewat jurus: ‘Win-win Solution’, sudah baik. Artinya, di satu sisi pemerintah mengakui dan menjamin kebebasan berpendapat melalui berbagai macam media termasuk blog/situs, tapi di sisi lain WordPress juga ‘mau tidak mau’ harus merespon permintaan pemerintah Indonesia jika ada blog-blog yang ‘membahayakan’ atau ‘meresahkan’ karena mengusung tema penghujatan apalagi penistaan yang dapat memancing konflik SARA.

Dan saya mengamati pemerintah kita pun seperinya tidak gegabah untuk serta merta meminta pembreidelan situs/blog-blog tertentu, sebelum melihat dampak negatifnya di masyarakat. Buktinya, situs-situs esek-esek. Meski banyak kalangan meminta agar pemerintah memblokir situs-situs tersebut, namun nyatanya sampai kini situs-situs tersebut masih bebas ‘bergentayangan’ dan mudah diakses siapapun.

Kenapa, karena situs esek-esek dinilai tak se-sensintif situs yang isinya artikel penghujatan maupun penistaan suku, agama, ras (SARA) yang dapat memicu kebencian dan konflik SARA di negeri ini.

So, akhirnya semua kembali kepada kita, mau jadi blogger Indonesia yang bermoral silahkan, mau jadi blogger Indonesia yang gak bermoral ya monggo…Tapi yakinlah, semuanya pasti ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Sorri Bang Bonar, agak puanjang lebar neh komennya, soalnya tema postingannya menarik untuk didiskusikan. Thanks🙂

24 11 2008
satya sembiring

saya baru tau loh informasi ini
hahaha lucu ya..
dari kemaren masalah kartun nabi terus yg di ributkan.
biar aja lah bang

25 11 2008
mikekono

saya kira itu harus dijadikan pelajaran bagi para blogger
agar semakin bertanggungjawab
serta selalu menghasilkan tulisan2 berkualitas
dan bermanfaat bagi masyarakat

25 11 2008
Farrel

Sama bingungnya…
Bagi saya, yang penting kebebasan yang bertanggung jawab…

25 11 2008
reza

wah, memang opsi yang rumit tuh bang, jangan sampai ada pihak yang tidak sepatutnya turut merasakan kerugian bila terkena penutupan.

26 11 2008
Tulus Muara

Shalom,

Kiranya pemerintah jangan cuma menutup situs-situs sejenis http://lapotuak.wordpress.com tapi juga harus di proses secara hukum biar jera & kapok tuh para manusia pembuat onar…
Dunia blogger sebagai media untuk mengeluarkan pendapat dan berekspresi melalui pemikiran, gambar dan tulisan, bahkan memberikan pendidikan dan ilmu secara gratis. Tapi ingat dalam setiap postingan tetap harus dengan mendahulukankan etika dan moral di masyarakat sehingga dunia blogger jangan dirusak oleh manusia-manusia tak bertanggung jawab.

BRAVO BONAR..!!!

http://gamki.wordpress.com
(Tulus Muara)

26 11 2008
cutemom cantik

yah intinya bang…kesadaran diri masing2 aja dech…karena berbuat jahat itu gampang n berbuat baik susah..ya nggak?????

26 11 2008
*hari

gimana baiknya sajalah😀
mo ditutup silakan, engga juga ngga apa.
artinya saya juga bingung:mrgreen:

26 11 2008
Rindu

Semoga gak ada yang meminta saya menutup blog saya … *berdoa*

27 11 2008
Risa

wah…nek menurut aku siiiyh…postingan2 yg berbau sara aja yg di delete…(*uhm…mudah-mudahan tidak ada lagi yg saling melecehkan antar umat beragama….)

27 11 2008
uconk

bikin blog dengan domain sendiri, gak usah pake gratisan hehehhehehe
pesennya di tempatku hahahahahha dasar tukang parkir!

28 11 2008
tuyi

Jadikan budaya ngeblog sebagai ajang silaturahmi antar teman….
bukan ajang cari sensai dan ketenaran…
Dikembalikan pada yang punya blog, karena aturan baku ngeblog tuh ngga’ ada.

28 11 2008
ardianzzz

entah kenapa malah blog blog seperti itu laris manis.. kayak blog yang menyuguhkan kontent pornografi juga mengundang banyak kontroversi tapi malah laris manis..
eh sebenarnya saya pengguna blogger.
<a href=”http://ardianzzz.blogspot.com”

28 11 2008
manztea

Betul kata abang, keduanya bukan pilihan yang enak. Kapan kita bisa menikmati indahnya perbedaan ?, karena warna saja menjadi indah karena warna-warna yang berbeda itu berharmonisasi akan menjadi sesuatu yang begitu indah.
Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal juga buat abang.

29 11 2008
juragan medis

di film2 arab kan tokoh nabi tdk digambarkan secara nyata,,eeeh malah ini dibikin kartun..

29 11 2008
juragan medis

yaaah… nabi yg aq hormati dan cintai sepebuh hati koq malah dibikin kartun…so suck..

29 11 2008
elly.s

mengapa kita nggak ngeblog aman2 aja didalam suasana anti sara…
sedih kadang…
moga Allah merahmati n memberi petunjuk pada semua…

lam kenal bang…

29 11 2008
embuhh

sebaiknya ada aturan2 ngeblog yg dibuat oleh domainnya… biar blogger tau batasan2 sara yang mana.. batasan untuk umum yang mana dsb…
kalo dah ada aturan… yg melanggar tinggal bredel aja… kan blog cuman gratis… g ada yg ngeyel deh… gitu aja kok repot!😀

30 11 2008
Indah Sitepu

ah.. bicarain masalah yang itu bikin puyeng…

yang penting kita2 nulis yang aman2 ajahhhh
yang bikin happy, bikin semangat, gausah yang bikin berantem😀

1 12 2008
Parlobutala

Saya pikir, sejak awal blog dikembangkan untuk mengekspresikan pemikiran manusia. Jadinya hal itu tak perlu dihalang-halangi dengan penutupan blog.

Maka kita harus kembali ke esensi kemanusiaan kita. Sebagai penulis di blog, apa sih manfaatnya bagi saya dan bagi pembaca kalau kita posting sesuatu yang teramat kontroversial. Sebagai pembaca, kita juga tau dari awal, bahwa isi blog bisa sesuatu yang sangat berharga, tapi juga bisa suatu sampah yang tak berguna. Tak perlu direspon apa-apa. Ini penting.

Jadi kenapa mesti kebakaran jenggot, Isi blog bisa berupa fitnah, dan itu bukan cuma sekarang aja kan. Gitu aja kok repot….

2 12 2008
dewi

intinya….
emang kita kudu saling menghormati…
menghargai…
jangan mudah terprovokasi…
dan menjadi terlalu reaktif…..
🙂

5 12 2008
michaelsiregar

Bah.. nggak sadar sudah lama sekali saya nggak kesini… Horas lae… Rame sekali kulihat tamumu… kalau saya sih… yang penting kita selalu saling menghargai dan bertoleransilah… jangan biarkan Manusia manusia berpikiran Picik memperlat kita untuk bahan Experimentnya… kalau kita menyadari bahwa Persahabatan itu Indah… saya rasa kita akan bisa menghadapinya dengan pikiran yang jernih.

12 12 2008
Red Dog

tapi

walaupun blognya ditutup, orang yang menyebarkan gambar tersebut bisa membuka blog baru di wordpress…itu lah kehebatan dunia maya..sekaligus bahayanya dunia maya.

Kalo mau ditutup kenapa ga sekalian aja di ban ip nya? supaya si penyebar gambar tersebut tidak bisa sign up lagi di wordpress?

Dan lagi, layanan blogging tidak hanya di wordpress…banyak sekali contohnya blogger dan blogsome…

memang dunia internet sekarang makin membahayakan…

Peace and Love
Red Dog

23 02 2010
Adrie

Blog-blog yang disebutkan di atas sudah ditutup oleh wordpress

12 10 2012
otak berita

Blog-blog yang disebutkan di atas sudah ditutup oleh wordpress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: