think positive…!!

1 11 2008

hari ini saya membaca Renungan Harian edisi tgl 29 Oktober 2008…

isi renungan yang dibahas cukup menarik, berkisar keseharian kita. yaitu ” terburu-buru menarik kesimpulan”…

berikut kutipan renungan harian yang saya baca :

Terkadang saya bingung dengan pendapat orang di luar sana tentang Indonesia. Himbauan untuk tidak datang ke Indonesia sudah begitu sering kita dengar. Indonesia dianggap bukan tempat yang aman bagi turis, ada banyak artis luar negeri yang ragu untuk menggelar konser disini, bahkan ada yang dengan ekstrim menganggap Indonesia sebagai sarang teroris. Sebagian lagi yang sudah pernah berkunjung ke Indonesia menganggap Indonesia adalah negara yang penduduknya ramah. Beberapa artis luar yang pernah saya tanya selalu mengutarakan hal yang sama, terkesan dengan keramahan masyarakat disini. Ada salah seorang pemain saxophone dari Oregon mengatakan bahwa travel warning yang selalu didengung-dengungkan di luar sana terlalu berlebihan, karena ketika mereka berada disini ternyata situasi tidak seperti yang mereka bayangkan dari berbagai pemberitaan yang mereka dapati di negaranya.

Itulah kecenderungan manusia, seringkali terlalu cepat menarik kesimpulan terhadap sesuatu. Ketika kita berada dalam satu lingkungan kecil yang kebetulan terdapat beberapa orang yang tidak sopan, kita bisa dengan cepat berkata “kota ini benar-benar kasar!” Padahal beberapa orang itu tidaklah representatif untuk mewakili sebuah kota dengan penduduk ribuan.Ketika ada seorang anak yang bandel, orang bisa berkata: “orang tuanya nggak benar..” atau “memang sudah turunan..”. Ketika ada satu orang yang kita temui sedang dalam keadaan marah, kita bisa menganggap bahwa ia pemarah. Ketika kita berpapasan dengan orang yang tidak tersenyum, kita langsung menganggap bahwa orang itu sombong. Dan ada banyak contoh lain dari kecenderungan manusia untuk menilai terlalu cepat hanya berdasarkan pandangan sesaat.

sadar atau tidak sadar, apa yang dipaparkan diatas sering terjadi pada kehidupan kita sehari-hari…

kita sering subjektif dalam menilai sesuatu, tidak mencoba melihat dari sudut pandang yang lain sebelum kita menarik satu kesimpulan…setelah kita ketahui kalo kesimpulan kita salah barulah kita menyadari dan mencoba melihat dari sisi yang lain…”oh…ternyata…!!”

memang tidak salah untuk subjektif selama itu positif, itu manusiawi, tapi alangkah lebih baiknya kalo kita objektif, selalu berusaha melihat dari sisi lain sebelum membuat kesimpulan…

atau kalo memang hasilnya tetep negatif, orang bijak pernah bilang : “always look at the bright side…”” think positive”

kalo kita lihat orang yang sedang marah…”OH…mungkin dia sedang bad mood…”

kalo kita berpapasan dengan orang yang kita kenal lalu dia tidak tersenyum…” oh mungkin dia lagi sakit giginya…”

untuk mencoba selalu melihat sisi positif sesuatu hal memang agak susah, tapi kalo dibiasakan pasti bisa….

so…be positive thinking…

//teke407


Aksi

Information

4 responses

2 11 2008
michaelsiregar

Memang begitulah kehidupan Lae, orang selalu menggeneralisir segala yang dilihat dan didengarnya, padahal tak selamanya begitu, seperti anggapan orang luar terhadap Indonesia sarang terorist.
Tetapi sebaliknya kita juga harus sadar, tak mungkin mereka mengatakan demikian kalau di sini tak pernah terjadi seperti itu kan..?!
Jadi harus timbal baliklah, selain Think Positive kita juga harus intropeksi kedalam diri, setuju Lae….?! Salam dari Amerika.

2 11 2008
A-RI

Kalau kita yang sudah melanglang buana di Indonesia mmmmm … bisalah think positive .
Tapi bagi orang luar sono berlaku hello effect .

Saya pernah lihat seorang turis dari Singapore pingsan ketakutan, hanya karena dikerubuti para supir taksi pelabuhan ( pelabuhan laut ).

6 11 2008
quantumeconomics

think positive..!!!! setujuuuuuu !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
blog saya berisi informasi alternatif yang saya dapat dari seorang yang tidak saya kenal…. sebuah program gitu deh.. banyak komentar pesimis yang terlontar padahal saya yakin mereka belum tuntas membacanya…

16 11 2008
Nyante Aza Lae

berfikir positif…yuppp, jangan sekedar ngliat bungkus!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: