sampah lebaran kota makassar 1,2 juta ton…!!!

8 10 2008

baru-baru ini situs resmi pemkot makassar mengumumkan bahwa sampah yang dikumpulkan oleh personel dinas kebersihan kota makassar dari beberapa titik pelaksanaan sholat ied dan sampah-sampah rumah tangga mencapai 1,2 juta ton…!!!

Enam titik yang dibersihkan di antaranya Lapangan Karebosi, Masjid Al-Markaz, Masjid Raya, Lapangan Hertasning, dan Masjid HM Asyik. Kepala Dinas PLHK Makassar Kusaiyyeng menjelaskan, pada enam titik itu ratarata sampah yang dibersihkan berupa sampah kering, yakni kertas koran bekas penggunaan alas saat salat Idul Fitri.

Sementara sisanya sampah rumah tangga yang dihasilkan dari meningkatnya jumlah konsumsi masyarakat pada hari Lebaran dan H+1 Lebaran. produksi sampah di Makassar ini meningkat 1.200 ton per hari atau sekitar 4.200 meter kubik pada hari Lebaran dan pada H+2. Bila dibandingkan hari biasa produksi sampah hanya capai 800 ton per hari atau sekitar 3.580 meter kubik.

ini berarti terjadi peningkatan sebesar 30%, didasarkan jumlah penduduk kota makassar sebanyak 1,2 juta orang dengan produksi sampah sebesar 4 liter setiap jiwanya.

sumber : http://makassarkota.go.id


Aksi

Information

5 responses

8 10 2008
Elys Welt

aduh .. ketinggalan banyak cerita nih, blom sempat blogwalking sih selama ini

kalau di jerman masyarakat sudah biasa memisahkan sampah2nya, jadi yg dos, kaleng, plastik di taruh di plastik kuning, tiap 2 minggu sekali ada mobil pemerintah yg mengambil di setiap depan rumah penduduk, terus kalo untuk botol2 telah di sediakan tempat tertentu, di desa2 atau kota2 , penduduk biasanya membuang ke sana, botol2 ini juga dibeda2kan tempat pembuangannya, botol yg putih/bebing dan botol yg gelap 8ijo atau coklat) terus sisa sampah seperti wajan bekas , kapas, dlll diberi tempat khusus dan tiap beberapa minggu sekali ada mobil yg ngambil di tiap2 rumah, utk sampah kertas juga sama, ditaruh di tempat sampah khusus (gede banget ) beberapa minggu sekali diambil dgn cara yg sama, sedang sampah oragnik biasanya tiap rumah punya tempat khusus di pojok kebon yg bisa sekalian diolah jadi pupuk.

terus terang membayangkan dulu waktu masih di tanah air saya biasa mencampur semua sampah jadi satu membuat saya sedih, tapi gimana lagi karena memang nggak ada aturan ttg pemisahan sampah, jadi untuk masalah sampah saya angkat jempol sama kedisiplinan penduduk jerman dan pemerintahannya, karena nggak mudah menciptakan budaya memilah2 sampah seperti ini yang benar2 bagus dan ramah lingkungan.

btw, blognya tak link juga ya

9 10 2008
bonar

ya begitulah kondisi disini mbak, khususnya, dan di indonesia umumnya. memang sih ada beberapa daerah yg tingkat kesadaran penduduknya akan kebersihan cukup tinggi, tapi sepertinya tidak sampe seperti di jerman sana, sampe ke pemilahan jenis sampah. pemda disini aja kalo menyediakan tmp sampah (kalo disediakan hehehe…) paling banter cuman membuat 2 tempat sampah : untuk sampah basah dan sampah kering…

btw, tks udah di link yoo mbak…

suwon,
-bonar-
yg fasih berbahasa jawa,batak,sunda…hehehehe…

10 10 2008
tuyi

emang dimana-mana banyak sampah, tapi kalo bisa mendaur ulangnya pasti deh jadi berguna lagi… Iya kan Bang…
Mampir lagi bang ada PR Nih buat Abang…

6 12 2009
Ezra

Ya,, jika kita liat negara-negara lain memang tingkat kenersihanya lebih baik dari pada negara RI.
Menurut saya kenapa di indonesia banyak sampah, itu karena tempat pembuangan sampah yang jelas belum terpenuhi, kesadaran masyarakat rendah,
kenapa kesadaran masyarakat rendah…? karena kurangnya pembianaan dari pemerintah dan persen masyarakat Indonesia lebih besar kalangan yang kurang berpendidikan dibanding yang berpendidikan.
Jadi saran dari saya buat kita yang mengerti kebersihan itu sehat, mari kita bina saudara-saudara kita jgn dengan mengharapkan imbalan, tapi dengan hati, bukan harus dengan perkataan atau pidato ke masyarakat. tapi cukup dengan memberikan contoh yang baik, bagaiman selayaknya manusia hidup dibumi ini…

Terimakasih…

3 11 2010
Rezki

Ya,, jika kita liat negara-negara lain memang tingkat kenersihanya lebih baik dari pada negara RI.
Menurut saya kenapa di indonesia banyak sampah, itu karena tempat pembuangan sampah yang jelas belum terpenuhi, kesadaran masyarakat rendah,
kenapa kesadaran masyarakat rendah…? karena kurangnya pembianaan dari pemerintah dan persen masyarakat Indonesia lebih besar kalangan yang kurang berpendidikan dibanding yang berpendidikan.
Jadi saran dari saya buat kita yang mengerti kebersihan itu sehat, mari kita bina saudara-saudara kita jgn dengan mengharapkan imbalan, tapi dengan hati, bukan harus dengan perkataan atau pidato ke masyarakat. tapi cukup dengan memberikan contoh yang baik, bagaiman selayaknya manusia hidup dibumi ini…

Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: