expired…[tips belanja menjelang lebaran]

19 09 2008

seperti biasa, menjelang perayaan hari besar keagamaan, seperti menjelang lebaran pada saat ini, kita harus extra hati2 kalo mau membeli bahan makanan dalam kemasan yang banyak di jual di super market ataupun pasar tradisional. baru-baru ini di kota palopo (sulawesi selatan) saat pemerintah setempat mengadakan sidak di pasar tradisional banyak ditemukan bahan-bahan makanan dalam kemasan yang mengandung bahan pengawet telah lewat masa waktunya atau biasa kita bilang expired atau kadaluwarsa.

kalo kita tidak hati2, karena tergiur dengan harga yang cukup miring kita tidak memperhatikan masa berlaku atau expired date-nya. salah-salah kita sendiri yang keracunan karena kondisi bahan makanan tersebut sudah rusak.

kondisi menjelang lebaran seperti saat ini banyak dimanfaatkan supermarket untuk menawarkan diskon gila-gilaan dengan harapan bakal menyedot animo calon pembeli. hati-hati dengan promosi seperti ini. kenapa ? karena tanpa diberi diskon pun bahan-bahan makanan yang banyak dicari dan akan dibeli seperti bahan pembuat kuwe atau penganan lainnya pasti akan laku terjual. untuk itu kita harus perhatikan adalah apakah barang tersebut sudah mendekati masa kadaluwarsanya ? biasanya karena kelebihan stok atau karena stok sudah terlalu lama disimpan barang-barang tersebut dijual dengan harga miring. harapannya pembeli yang kurang hati2 akan memborong barang-barang tersebut karena tergiur harga murah. akibatnya tentu pembeli yang dirugikan.

begitu juga kalo anda mau membeli parcel. biasanya kita tergiur dengan “dandanan” dari parcel itu. kita tidak perhatikan isinya. kadang harga parcel tidak sepadan dengan isinya. bahkan tidak jarang isi dari parcel-parcel tersebut adalah barang-barang yang sudah mendekati masa kadaluwarsa. karena itu, kalo anda mau repot sedikit, lebih baik bikin sendiri parcelnya, tentunya kita bisa mengatur sendiri barang-barang apa saja yang akan menjadi isi parcel itu dan harganya pun dijamin lebih murah…!!

berikut ini saran saya kalo anda mau berbelanja kebutuhan lebaran :

  • selalu periksa masa kadaluwarsa barang yang akan kita beli
  • prioritaskan yang menjadi kebutuhan utama, jangan tergiur diskon (khususnya untuk ibu-ibu rumah tangga hehehe…)
  • selalu membuat daftar belanja
  • usahakan ketika berbelanja anda tidak sendirian, sekedar untuk saling mengingatkan.

oke, selamat berbelanja…!!

//teke407


Aksi

Information

2 responses

25 09 2008
dessy

Kalau pesan parcelnya sama aku dijamin ‘fresh from the oven’ mas…:D
promosi ni…….:p

27 09 2008
NURA

Apa kabar Makassarr, Mas? Setiap saat aq merindukan kota Daeng ini.., tapi sayang tahun ini aq belum bisa pulang..Jatah cuti baru keluar tahun depan sih, hehehe…

Peace n love…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: