suporter…oh suporter….

18 09 2008

beberapa hari yang lalu kesebelasan tercinta kota daeng, PSM Makassar, bertanding melawan Persela Lamongan klub sepak bola asal Jawa Timur dalam lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL). hasil dari pertandingan tersebut adalah PSM kalah telak….skor 3:1 menyudahi perlawanan PSM atas Persela.

hasil lain dari pertandingan itu : stadion Andi Mattalatta atau biasa di sebut Stadion Mattoangin babak belur, dirusak oleh massa pendukung PSM yang kecewa atas kekalahan kesebelasan yang didukungnya. pagar pembatas antara lapangan dan bench penonton jebol. tiang gawang dan jalanya tidak luput dari gempuran supporter yang kecewa ini, hangus terbakar, kerugian materil mencapai Rp 200juta. ditambah lagi kerugian denda dari PSSI dan kerugian moral dan materil lainnya karena PSM harus menjalani hukuman pertandingan usiran atau pertandingan tanpa penonton. lengkap sudah…

tidak dipungkiri, kehadiran suporter pendukung pada saat bertanding sangat berpengaruh pada moral para pemain yang bertanding. namun tidak jarang juga suporter memberikan pengaruh negatif ketika mereka mulai mencemooh kesebelasan yang didukungnya ketika tampil mengecewakan.

jadi ingat beberapa tahun yang lalu, waktu saya masih kuliah di kota malang. penduduk kota malang sangat fanatik kepada kesebelasan Arema Malang atau Persema Malang. terlebih ketika salah satu klub sepak bola kota malang itu bertanding melawan kesebelasan dari surabaya atau gresik.

seluruh pencinta bola kota malang seolah tumpah di stadion gajayana (waktu itu, sekarang sudah pindah ke stadion kanjuruhan di kota kepanjen) untuk mendukung kesebelasan kesayangannya. saya sendiri sempat menikmati “kegilaan” suporter fanatik kota malang itu saat berada di dalam stadion. betul-betul seperti menyaksikan sepak bola EPL. seru…!!

saat kesebelasan kota malang tersebut memenangi pertandingan, eforia kegembiraan mewarnai setiap sudut jalan yang dilalaui para suporter yang berkonvoi atau berjalan kaki menuju pulang. namun saat kalah, ini adalah mimpi buruk bagi para pemilik kendaraan ber plat “L” yang kebetulan melintas dan berpapasan dengan suporter yang lagi kesal, hasilnya bisa ditebak, kendaraan-kendaraan berplat L itu menjadi sasaran kemarahan dan bulan-bulanan bagi para suporter yang kesal tadi, kalo tidak cepat-cepat menghindar dari kejaran para “hooligan” yang marah tadi bisa dipastikan kendaraannya bakalan rusak…

kondisi seperti ini sepertinya sudah menjadi ciri khas kefanatikan suporter sepakbola di negeri ini yang klub sepak bolanya masih kental dengan kultur kedaerahan. ditambah lagi dengan ke tidakdewasaan para suporter itu saat menerima klub sepak bolanya dikalahkan. padahal kita semua tahu, dalam setiap pertandingan pasti ada yang menang dan ada yang kalah atau paling tidak seri/imbang.

tapi yah sudahlah…apa mau dikata, inilah kondisi persepakbolaan negeri kita tercinta ini. bagaimana mau “berbicara” di ajang internasional, kalo di lokalan aja carut marut begini…hehehe…

hidup sepak bola indonesia…!!!

[ bagaimana dengan suporter sepak bola di daerah anda ?? ]

//teke407 [pencinta arema malang-psms medan-psm makassar-persib bandung]


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: