Push Up

21 07 2008

Kali ini tulisanny mas Baydi tak posting..

sepurane yo ‘Die…tapi lak gak opo2 tho…hehehe…

Push Up

Medio Juli 1997 Pukul 16.25 (Warung Bogor)….
Aku masukkan semua persiapan dan konsep Pengembaraan yang kutulis tangan di kertas Folio Garis “Siiplah semua sereb…”. Nyantai aja kan janjiannya jam setengah lima.. so telat dikit juga gak apa-apa… Dengan nyantai aku masuk ke Sekret..

16.40 (Sekret IMP)…
Dua orang yang bikin janji denganku sudah duduk dengan tatapan tajam di meja Ketum…”Dancuk..!! metuwek mas iki rek..” batinku… Segera kuambil kursi dan duduk di depannya, dipisahkan meja ketum. Kedua orang didepanku cuma diam saja… “Bedhesh..!! lha koq dicuekin ngene rek..”. Setelah cukup lama aku salah tingkah, salah seorang dari mereka berkata..
”Jam berapa kamu harus disini..??”
“Jam setengah lima Mas..”
“Sekarang jam berapa..??”
“Jam lima kurang seprapat mas..”
“Habis presentasi ini, kamu push – up 3 seri !!”
“I..i..iya ….mas…”…Dancuk, kunam, bedhesh!! Aku maki – maki dalam hati.. Sebenarnya reaksi yang muncul pada saat itu adalah…mangkel, kudu ngamuk, and campur aduk..

Presentasi di depan dua orang ini juga berjalan menyebalkan… semua catatan yang aku buat ditanyain dasarnya dan kata yang paling banyak aku dengarkan adalah..”Kenapa begini…?” “Koq gak begini aja…?” Mumet ndhashku!! Setelah cukup puas membuat aku bingung..dengan santainya diakhir mereka selalu berkata “..OK Terserah Anda, selama Anda punya dasar dan dasar itu kuat..ya ambillah sikap.. toh Andakan ketua pelaksananya..” Dancuk!!! Maksude opo mas iki…???

Pukul 17.40 (Sekret)..
Presentasi awal selesai… kedua orang itu Cuma diam dan berpesan utk lebih mempersiapkan lagi sebelum rakor and still no smile..!! Dengan sungkan-sungkan kuambil posisi push – up…Di first room, dalam suasana secret yang cukup rame.. orang mondar-mandir dengan senyum sinisnya dan dua orang Seksi Ekspedisi yang tadi berhadapan denganku yang duduk dengan santainya di bangku meja ketum..kujalani satu demi satu push – up ku.. Dancuk…!! Nggatheli..!!

Pukul 14.00… seminggu setelah presentasi (Sekret)
Rakor I pengembaraan AM 20..kucoba untuk tepat waktu…and berhasil..rapat dibuka pukul 14.00 sharp !! meskipun kemudian di break tapi ada kepuasan juga rasanya bahwa semuanya berjalan tepat waktu… seakan aku berhasil mengejek kedua seksi Ekspedisi yang telah membuat aku cukup gila..!! tapi aku yakin bahwa mereka pasti tidak merasa ter-ejek bahkan mungkin mereka tersenyum….satu hal yang kudapat dari hal kecil ini bahwa kalo kita mau untuk sedikit merubah diri kita lebih disiplin sedikit aja… maka kita pasti bisa!! Dan dari push – up itulah cukup untuk memaksa diri kita mulai disiplin akan hal – hal yang kecil…

Dan rutinitas untuk selalu mencoba tepat waktu, dimulai dari situ…mau tidak mau mulai terbentuk sikap menghargai waktu. Aku secara pribadi merasakan bahwa push – up yang aku lakukan…meskipun menyebalkan dan nggatheli !!! telah memberikan sedikit pondasi untuk sikap yang lebih baik…

Kemudian pertanyaannya.. adalah koq harus dilandasi sikap yang lebih baik (disiplin) sih di IMP… dan kenapa hal itu harus ditumbuhkan..?? Salah satu teman kita dalam berkegiatan adalah bahaya dan kematian!!! Dan bahaya tidak pandang bulu!! Kalau Anda tidak siap maka…bahayalah tujuan Anda.. dengan apa kita munculkan kesiapan tersebut…ya dengan mulai dari membiasakan untuk hal-hal yang kecil… seperti selalu berusaha untuk tepat waktu. Bagaimana memunculkan hal ini di IMP… mungkin salah satunya dengan push – up tadi…

Satu hal yang aku percaya sampai sekarang dari kejadian di atas adalah bahwa kedua seniorku yang menyuruhku push – up sebenarnya adalah membekali adik – adiknya untuk menghindar dari bahaya dan kematian!!! Isengnya sih pasti ada…..hehehe.. tapi kalo gak ngerti essensi dan pemahamannya tentang arti push – up tersebut, yang muncul jadinya senior brutal dan asal suruh aja… so tipis batasan arti push – up bagi yang faham dan bagi yang tidak faham….

Satu hal yang dapat saya ambil dari kisah ini bahwa dimulai dari hal – hal yang kecil, seperti push – up tersebut, kedua seksi ekspedisi tersebut mencoba menjalankan tanggung jawabnya untuk menyelamatkan nyawaku…

– By di –


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

